/Tips Memotret Portrait Outdoor Dengan Cahaya Matahari | Bali, Indonesia

Tips Memotret Portrait Outdoor Dengan Cahaya Matahari | Bali, Indonesia

Anda semua tentu tahu bahwa memotret portrait untuk keperluan personal maupun grup adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, karena itu bagi anda yang gemar memotret dengan bantuan sinar matahari atau tanpa menggunakan flash, anda perlu mengetahui beberapa tips memotret portrait outdoor dengan cahaya matahari atau disebut dengan available light

Kebanyakan fotografer mengatakan bahwa memotret orang jalan-jalan maupun liburan adalah mudah tapi bagi anda yang baru saja memulai karirnya sebagai seorang fotografer terkadang ada rasa nervous, bingung, kehabisan ide, dan lain sebagainya.

Karena itu jika suatu saat nanti anda mendapatkan permintaan untuk pemotretan portrait di ruangan terbuka maka saya berharap tips yang akan saya bagikan berikut ini bisa membantu anda.

8 Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Ketika Mendapatkan Deal Pemotretan Portrait Outdoor

  1. Anda harus percaya diri ketika menjawab telpon maupun membalas email
  2. Tanyakan berapa banyak orang yang akan bergabung dalam pemotretan tersebut
  3. Tanyakan lokasinya (pertimbangkan biaya perjalanan seperti tiket pesawat, hotel jika lokasinya jauh dari tempat tinggal anda)
  4. Kirim peket dan daftar harga yang anda miliki
  5. Gunakan peralatan fotografi terbaik yang anda miliki saat ini
  6. Memotretlah dengan enjoy dan penuh suasana entertainment
  7. Lakukan proses editing foto dengan optimal, dan
  8. Kirimkan produk final foto anda seperti album dan cetakan besar sesuai dengan jadwal yang ditentukan

Setelah anda mengetahui 8 tips melakukan pemotretan portrait outdoor tadi berikutnya saya akan berbagi cerita tentang prosesi pemotretan portrait yang saya lakukan di Bali beberapa waktu lalu.

Suatu waktu saya menerima sebuah telpon dari seorang wanita bernama Irina dimana dia meminta saya untuk terbang ke Bali dan memotret liburannya bersama kelima temannya di sebuah villa yang berada di area Uluwatu.

Singkat cerita setelah saya kirimkan portfolio dan daftar harga yang saya miliki maka tidak lebih dari 24 jam Irina mengabarkan bahwa dia suka dengan karya-karya saya dan DEAL! Berikut inilah informasi pemotretan yang saya dapatkan sebelum saya terbang ke Bali:

  1. Dalam sesi portrait kali ini saya akan memotretan 6 orang wanita
  2. Lokasi pemotretan akan berada di sebuah villa yang bernama Suluban Cliff private villa, dan
  3. Durasi pemotretan yang diinginkan adalah 3 (tiga) jam
beautiful lady photo session in suluban cliff
Villa ini memiliki infinity-pool yang keren dan langsung menghadap ke arah lautan – Courtesy Image by Bima Adhitya in Bali

Peralatan Fotografi Yang Saya Gunakan

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang peralatan fotografi yang saya pergunakan dalam pemotretan portrait. Karena saya hanya memotret selama 3 jam maka saya putuskan untuk membawa 1 buah kamera dan 2 lensa, berikut ini adalah daftar peralatan yang saya pergunakan:

  • Canon EOS 7D
  • 17-40mm f4 L series lens
  • 70-200mm f2.8 L series lens, dan
  • 1 buah tas kamera ‘slempang’

Pada prinsipnya adalah anda bisa membawa kamera dan lensa apapun yang anda miliki, artinya tidak perlu harus membeli kamera baru maupun lensa yang harganya mahal ketika anda baru akan memulai karir sebagai seorang fotografer.

Kabar baiknya adalah saat ini banyak sekali tempat persewaan alat fotografi dengan harga yang masih terjangkau atau bahkan anda bisa meminjam peralatan dari teman atau saudara.

3 Tips Memotret Portrait Outdoor Dengan Cahaya Matahari

How to Shoot Outdoor Female Portrait with No Flash
Courtesy Image by Bima Adhitya in Bali

Ketika anda memutuskan untuk memotret tanpa bantuan flash maka anda mutlak harus bisa membaca arah datangnya cahaya, berita bagusnya adalah cahaya matahari buatan Tuhan ini luar biasa efeknya.

Jika anda tahu prinsip arah datangnya cahaya dan membacanya dengan baik maka hasil foto yang akan anda hasilkan akan sangat sempurna, berikut ini saya akan membagikan 3 tips sederhana yang akan membantu anda melakukan pemotretan portrait di ruangan terbuka:

1 – Ketahui Arah Datangnya Cahaya

Secara teori anda tentu tahu bahwa ada 2 (dua) waktu terbaik untuk melakukan pemotretan yaitu pada pagi dan sore hari.

Bagi saya teori tetaplah teori karena pada kenyataannya di dalam sesi kali ini saya harus memotret setelah jam makan siang artinya sinar matahari akan sangat panas. Jika anda mendapati keadaan seperti ini maka yang harus anda lakukan adalah mengetahui arah datangnya cahaya agar dimensi objek yang difoto tetap bisa ditampilkan dengan sempurna.

Dari foto Irina di atas anda bisa melihat bahwa cahaya datang dari arah belakang sebelah kanan sehingga terlihat bahwa tangan kanan klien saya lebih terang daripada tangan kirinya. Dalam sesi pemotretan jam 1 siang ini ternyata cahaya matahari yang datang tegak lurus bahkan membuat efek luar biasa pada rambut si klien dimana rambutnya justru terlihat lebih shiny

Pastikan anda mengetahui arah datangnya cahaya matahari untuk memastikan bahwa model yang anda foto tetap memiliki dimensi yang sempurna

2 – Ketahui Cara Membuat Pose Bagi Klien

Saya bisa katakan bahwa klien saya siang ini memiliki struktur tubuh yang sempurna dimana hal itu tentu menjadi sebuah keuntungan bagi setiap fotografer.

Courtesy Image by Bima Adhitya in Bali

Dalam pemotretan kali ini saya mengajak Irina untuk berdiri di depan pagar besi dan memintanya untuk meletakkan tangan di atas pagar tersebut, pose sederhana ini akan membuat bahu klien terlihat lebih lebar dan elegan.

Tidak lupa saya juga menyarankan klien untuk tetap menggunakan kaca mata hitamnya agar nyaman ketika sesi pemotretan berlangsung dan akhirnya sebuah frame foto tercipta dan sungguh bahagia karena klien saya suka sekali dengan foto yang saya hasilkan.

3 – Ketahui Pakaian Apa Yang Akan Dikenakan

Sekitar 30 menit sebelum pemotretan berlangsung saya menanyakan langsung kepada Irina tentang pakaian apa yang akan dikenakan dan dia mengatakan bahwa akan mengenakan sebuah dress warna hitam tanpa lengan dengan rok mini yang juga berwarna hitam.

Anda tentu tahu bahwa warna hitam adalah warna netral dan bisa dikenakan dalam berbagai suasana. Dengan postur tubuh yang ideal tentunya dress ini akan membuat klien saya tampil dengan lebih sempurna.

Yang saya lakukan dalam sesi foto kali ini adalah menyarankan Irina untuk membuat sebuah twist pada bagian kaki sehingga memberikan kesan seksi dan elegan. Pada akhirnya inilah 3 tips memotret portrait outdoor dengan cahaya matahari yang bisa saya bagikan kepada anda, semoga ini bisa memberikan inspirasi dan ide bagi anda para fotografer yang akan melakukan sesi pemotretan portrait

Di bagian bawah ini saya berikan sebuah link dimana anda bisa melihat galeri pemotretan Irina dan teman-temannya saya lakukan di Suluban Cliff, Bali.

2 Tips Melakukan Pemotreran di Bali

Sebagai bonus saya akan berikan tambahan informasi terkait pemotretan di Bali. Selain sebagai kota wisata tentunya Bali adalah kota di Indonesia yang menghormati budaya lokal dan tentu saja anda bisa bekerja sekaligus menikmati wisata kuliner di Bali.

Berikut ini adalah tips dari saya:

Cek harga tiket pesawat sebelum anda berangkat – terkadang maskapai full service seperti Garuda Indonesia memiliki tarif yang hampir sama dengan maskai Low Cost Carrier seperti Air Asia dan Lion Air. Jika anda mendapati keadaan seperti ini tentu memilih maskapai full service akan memberikan anda kenyamanan yang lebih sekalipun membayar dengan biaya yang hanya berselisih sedikit.

Ketahui dimana anda akan menginap – anda bisa menggunakan berbagai macam platform untuk memesan penginapan, selama 10 tahun memotret saya bisa mencari penginapan melalui beberapa situs seperti Booking.com khusus untuk mencari akomodasi yang bertema hotel dan juga saya menggunakan Airbnb ketika ingin menginap di sebuah unit properti yang unik bahkan bisa ngobrol langsung dengan host atau pemilik villanya.

Tentukan moda transportasi yang akan digunakan – berkeliling Bali paska pemotretan berakhir tentu akan sangat menyenangkan, jika anda pergi seorang diri bisa jadi sewa motor adalah pilihan terbaik tapi karena saya terbiasa memotret didampingi istri tercinta maka saya lebih memilih untuk menyewa mobil kecil seperti Karimun Estilo, Agya, dan semacamnya. Salah satu mitra persewaan mobil yang saya pergunakan adalah BGW Car Rental dimana anda bisa menghubungi pemiliknya (Pak Ketut) melalui nomer berikut +628123800003