/Biaya Pernikahan Sederhana 2020, Awas Jebakan!

Biaya Pernikahan Sederhana 2020, Awas Jebakan!

Jika anda adalah calon pengantin yang sedang mencari referensi tentang biaya pernikahan sederhana di tahun 2020 maka pastikan referensi yang anda baca jelas asal usulnya. Yang perlu diketahui adalah, dimasa pandemi ini akan banyak sekali penyedia jasa yang “melelang” jasa-jasanya dengan harga yang sangat murah bahkan jika anda mau menyempatkan diri untuk menghitungnya satu per satu maka angka-angka penawaran tadi jelas TIDAK MASUK AKAL!

Sebagai orang yang telah menempuh pendidikan dan berwawasan luas tentu anda sadar bahwa setiap penyedia jasa punya hitungan baku yang sudah tidak bisa diganggu-gugat, artinya adalah jika sampai hitungan tersebut diutak-atik alias diturunkan, di-diskon habis, atau apapun alasannya maka jelas kualitas layanan tersebut akan berkurang, Ini hukum alam, jadi tolong jangan diprotes dulu!

Image by Violet Eyes Photography

Coba saya berikan sedikit perumpamaan,

Jika suatu waktu anda ingin makan nasi goreng tek-tek yang lewat depan rumah anda, dimana setiap 1 porsinya adalah Rp. 10.000, maka apakah mungkin anda membayarnya dengan harga Rp. 8.000?

Mungkin, tapi ga pake telor!

Sampai di sini paham ya, jadi pengurangan harga layanan wajarnya akan berbanding lurus dengan pengurangan kuantitas alias dari yang pake telor jadi ga’ pake telor, bukan justru pake telor tapi ga’ ada nasinya, ini namanya anda pesan telor ceplok!

Yang akan saya sampaikan adalah, perumpamaan ini berlaku di setiap jenis usaha. Diskon mungkin saja terjadi tapi kalau sudah dalam taraf memotong habis atau mengganti harga dari sebuah layanan maka sebaiknya anda perlu waspada karena pasti akan terjadi sesuatu dibelakangnya.

Saya “Kebelet” Nikah Tahun Ini, Adakah Cara Untuk Mengantisipasi Biayanya Agar Tetap Ideal?

Jika anda mau berusaha maka pasti selalu ada jalan!

Tapi sebelum saya membahas hal ini lebih jauh maka ijinkan saya membuat sebuah breakdown tentang perhitungan biaya pernikahan sederhana ala orang-orang kebanyakan, yuk kita hitung bersama-sama

Disclaimer – perhitungan ini mungkin tidak 100% tepat tapi akan saya buat untuk mendekati aslinya

Biaya Pernikahan Sederhana di Gedung

  1. Sewa gedung = Rp. 25.000.000
  2. Dekorasi = Rp. 12.000.000
  3. Catering untuk 500 orang x Rp. 100.000 = Rp. 50.000.000
  4. Fotografi dan Video untuk Pre Wedding Rp. 15.000.000
  5. Fotografi dan Video untuk Pernikahan Rp. 20.000.000
  6. Band and musician Rp. 7.500.000
  7. Souvenir untuk 250 undangan x Rp. 10.000 = Rp. 2.500.000
  8. Cetak undangan 250 pcs x Rp. 8.000 = Rp. 2.000.000

Total Rp. 134.000.000 atau kita anggap anda perlu menyiapkan uang kisaran Rp. 150.000.000 kalau termasuk bulan madu, sewa baju, dan perlengkapan lainnya.

Sekarang coba kita asumsikan bahwa anda adalah pasangan anak muda “kekinian” yang menginginkan tema pernikahan unik yang nantinya akan memungkinkan bagi anda untuk merealisakan angka-angka biaya pernikahan sederhana seperti yang sedang tren saat ini.

Disclaimer – biaya pernikahan intimate wedding ini bisa diadakan karena alasan tren pernikahan kekinian atau bahkan penghematan biaya

Biaya Pernikahan Intimate Wedding

  1. Sewa gedung dan dekorasi di vila kecil, rumah makan, atau outdoor space dengan pemandangan alam = Rp. 25.000.000 (biasanya akan dapat fasilitas kamar untuk beberapa keluarga)
  2. Catering untuk 100 orang x Rp. 100.000 = Rp. 10.000.000 (hemat 40 juta)
  3. Fotografi dan Video untuk Pre Wedding Rp. 0 (ditiadakan karena alasan penghematan dan masa pandemi – hemat 15 juta)
  4. Fotografi dan Video untuk Pernikahan Rp. 16.000.000 (diskon 20% atau hemat 4 juta dari harga semula karena masa pandemi tapi harus tetap ada karena PENTING)
  5. Band and musician Rp. 6.000.000 (diskon 20% atau hemat 1,5 juta dari harga semula karena masa pandemi tapi harus tetap ada karena para tamu BUTUH hiburan)
  6. Souvenir untuk 50 undangan x Rp. 10.000 = Rp. 500.000 (hemat 2juta)
  7. Cetak undangan 50 pcs x Rp. 8.000 = Rp. 400.000 (hemat 1,5 juta)

Total Rp. 57.900.000,-

Total Rp. 57.900.000 atau kita anggap anda perlu menyiapkan uang kisaran Rp. 70.000.000 kalau termasuk bulan madu, sewa baju, dan perlengkapan lainnya.

Sampai titik ini anda sudah menghemat pengeluaran sebesar Rp. 80.000.000

Detil Rencana Penghematan

Dari 2 jenis acara di atas anda sudah bisa melihat bahwa menyederhanakan sebuah acara pernikahan itu sangatlah mungkin, tapi ada beberapa hal yang jika mau dipotong biayanya maka anda HARUS RELA bahwa kuantitas-nya juga mutlak harus dikurangi, detilnya sebagai berikut:

1 – Sewa Gedung dan Dekorasi

Diubah menjadi sewa vila kecil, rumah makan atau sekedar area terbuka sederhana dengan pemandangan yang cukup menarik karena dengan alasan tamu yang diundang hanya dari kalangan keluarga terdekat saja.

2 – Catering

Jumlahnya jelas berkurang drastis karena anda memprioritaskan hanya keluarga terdekat yang diundang.

3 – Foto dan Video Pre Wedding

Dianggap ditiadakan karena alasan pandemi atau menghemat biaya.

4 – Foto dan Video Acara Pernikahan Inti

Ini jelas mutlak harus ada karena ketika semua acara telah selesai maka “sisa” dari acara tersebut hanyalah foto dan video yang akan menjadi dokumentasi sampai nanti anda meninggal.

Ingat!

Fotografer dan videografer biasanya akan memberikan diskon khusus dalam masa pandemi seperti ini tapi, jika diskon-nya masih berada di bawah 30% maka BIASANYA kualitasnya tidak akan berkurang jauh, karena hal ini hampir sama ketika anda pesan kedua layanan ini di sebuah wedding expo, mereka juga akan jor-joran diskon di sana.

5 – Band atau Musician

Mutlak dong jelas harus ada karena semua tamu PASTI butuh hiburan, sekalipun anda bisa putar Spotify berbayar dengan speaker yang bagus, tapi masak iya acara pernikahan pakai spotify?

Ingat!

Seperti halnya fotografer dan videografer tadi, musician juga mungkin akan memberikan diskon khusus pandemi tapi dalam taraf hitungan yang wajar, dimana hal ini juga sama seperti di sebuah wedding expo.

6 – Souvenir dan Cetak Undangan

Terkait menurunnya jumlah tamu maka catering, souvenir, dan undangan jumlahnya juga akan menurun.

Link yang bermanfaat untuk anda

Kesimpulan

Sampai tahap ini saya harap anda paham bahwa menghemat sebuah biaya itu dampaknya akan berbanding lurus dengan pengurangan kuantitas, TAPI jangan sampai kualitasnya juga dikurangi.

Tentu anda tidak mau kan…kalau harga catering di-diskon habis-habisan tapi bahan makannya diambil dari bahan yang sudah kadaluarsa…setuju ya, harus!!!

Jika sudah demikian maka anda seharusnya paham bahwa membuat perhitungan tentang biaya pernikahan sederhana itu SANGATLAH MUNGKIN! tapi sekali lagi coba dihitung dan dicermati dengan teliti. Jika si pemberi layanan terkesan mengobral habis-habisan harga mereka maka sudah bisa dipastikan bahwa MEREKA AKAN MENGURANGI KUALITAS (ingat perumpamaan abang penjual nasi goreng tek-tek tadi).

Diskon sangatlah wajar terutama bagi kita orang Indonesia, tapi jangan sampai diskon ini akan menghancurkan acara sakral dan impian anda untuk mewujudkan pernikahan yang memang direncanakan hanya 1x seumur hidup,

Kecuali, kalau memang anda hobi menikah!

Semoga tulisan ini bermanfaat, semoga persiapan pernikahan anda lancar selalu!